Senin, 28 November 2011

Tugas ISD :Pentingnya Teknologi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Pentingnya Teknologi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Sebagai masyarakat yang hidup di jaman modern,kita sangatlah memerlukan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi yang dapat mensejahterakan kehidupan. Kemajuan IPTEK sesungguhnya akan membawa dampak signifikan terhadap kesejahteraan dan kemakmuran suatu Bangsa. Bangsa yang maju dan sejahtera adalah Bangsa yang peduli terhadap perkembangan IPTEK.

Di Indonesia masih banyak daerah-daerah yang tertinggal karena belum dapat mengelola SDAnya dengan teknologi yang ada.Padahal sentuhan teknologi diperlukan, tidak usah yang tinggi yang penting dikembangkan untuk kebutuhan masyarakat di suatu daerah tersebut seperti bagaimana cara memelihara ikan, bagaimana suatu daerah bisa teraliri dengan air bersih, sehingga tingkat kesejahteraan mereka meningkat.Seperti teknologi tepat guna contohnya.Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Pada pelaksanaannya, teknologi tepat guna seringkali dijelaskan sebagai penggunaan teknologi paling sederhana yang dapat mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif di suatu tempat tertentu.

Namun tidak semua daerah atau Negara dapat memakai teknologi tepat guna.Negara-negara tertentu memerlukan teknologi canggih untuk mengelola SDAnya dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya. Bangsa-bangsa besar dunia pada umumnya menaruh perhatian besar pada pengembangan teknologi.Negara-negara maju di dunia dapat berkembang dengan pesat karena perkembangan teknologi yang mereka lakukan. Negara-negara yang bertumpu pada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), GDP-nya US$ 20.000 ke atas. Sedangkan negara-negara yang masih mengandalkan pada sumber daya alam, GDP-nya di bawah US$ 2.000.

Dilihat dari data di atas, kemajuan IPTEK sesungguhnya akan membawa dampak signifikan terhadap kesejahteraan dan kemakmuran suatu Bangsa. Bangsa yang maju dan sejahtera adalah Bangsa yang peduli terhadap perkembangan IPTEK. Salah satu contohnya adalah Jepang, negara yang maju dan sejahtera karena mereka meletakan IPTEK sebagai pondasi utama pembangunan negaranya. Permasalahan kemajuan IPTEK salah satunya adalah kebijakan anggaran untuk kegiatan penelitian dan pengembangan (Litbang).Selain Jepang, negara yang giat meningkatkan anggaran untuk perkembangan IPTEK adalah negara Cina, menurut data dari internet, diketahui bahwa Pemerintah Cina telah menyuntikkan dana 100 milyar yuan untuk kegiatan inovasi teknologi di negaranya untuk tahun 2009-2010. Menurut Menteri Sains dan Teknologi Cina, Wang Gang, tujuan suntikan dana yang sangat besar ini adalah untuk menciptakan dasar pembangunan yang sesuai dengan iklim investasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga, Iptek akan menjadi landasan investasi pembangunan di Cina. Menurut Wang Gang, Pemerintah Cina akan mensuport pembangunan indrustri skala menengah dan besar untuk mengembangkan indrustri otomotif berbasis hybrid energy, sehingga direncanakan pada tahun 2012 nanti akan tercipta lebih dari 60 lebih model energy baru untuk industry mobil yang menggunakan energy hybrid.Itulah sebabnya produk-produk Cina merajalela di Negara ini.

Nah bagaimana dengan Indonesia?.Selain teknologi tepat guna Indonesia juga sangat memerlukan teknologi canggih yang dapat meningkatkan produktivitas industrinya.Seperti eksplorasi minyak dan gas bumi. Masih minimnya eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia dikarenakan teknologi yang dimiliki kontraktor atau perusahaan migas belum mampu secanggih perusahaan sejenis dari Amerika Serikat atau negara maju lain padahal potensi bahan bakar tersebut sangat besar. Terdapat 85 cekungan minyak dan baru 15 cekungan yang telah diproduksi dan produksi migas pun masih sekitar 60 persen sisanya sama sekali belum dieksplorasi.Sampai kini Indonesia belum menemukan teknologi yang sebanding dengan teknologi Amerika Serikat dimana mereka hanya dengan bantuan satelit saja mampu mendeteksi keberadaan migas baik di darat maupun di perairan.Sedangkan perusahaan kita masih mencari migas secara manual dengan memanfaatkan tenaga ahli geologi yang secara bergerilya mendatangi cekungan-cekungan yang telah dipetakan dan kemudian meneliti lantas memastikan ada tidaknya kandungan minyak yang dicari.

Lalu masihkah kita membutuhkan orang-orang Amerika untuk membantu mengelola SDA yang faktanya malah kita yang membantu mereka dan mereka merusak alam kita?. Daripada diambil (oleh Freeport), lebih baik dibiarkan saja untuk generasi mendatang di Bumi Cendrawasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...?...
Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"